Saturday 31 August 2013

Taman Nasional Baluran



The Story
Taman Nasional Baluran! Situbondo, Jawa Timur. Ada apa? Yang paling terkenal sih Sabana Bekol nya lek trus bisa ketemu banteng, rusa, kerbau dan kalo hoki macan tutul juga bisa. So, let me tell you about the journey in africa van java, enjoy!

Berangkat malam, kereta kerta jaya tujuan Surabaya. Bentar, gw lupa ke stasiun di anter apa naik taksi ya. Pokoknya nyampe aja deh di Stasiun Poncol balapan (itu solo balapan taplak!). Nah, ini Taman Nasional emang udah jadi inceran gw, karena gw penasaran interaksi langsung dengan para hewannya di sabana bekol, terkesan mirip Afrika gitu deh. Perlengkapan sudah siap, seluruh traveler oke punya, makanan tersedia di meja, selamat makan!

The Team
Pak Santoso
Pagi pun tiba seraya pasar turi menyapa. Selamat pagi Surabaya! Senang bertemu kembali. Untuk menuju Situbondo (tempat Afrika berada), gw bersama teman-teman harus ke terminal bis bungurasih. Sembari keluar stasiun untuk sarapan, gw ketemu dengan dosen gw yaitu, Pak Santoso. Langsung lah gw samper tu dosen. Setelah bertegur sapa, gw pun menanyakan maksud dan tujuannya pergi ke surabaya, "Pak, bapak ngapain kesini?" Pak santos (panggilan akrab) "Bapak mau ke Jember, ada pakuyuban keris disana" Dewasa! Lantas gw ma temen-temen gw bercerita tentang maksud dan tujuan kami. Setelah ngobrol panjang lebar, ternyata tujuan kami sama! Terminal bungurasih! "Bapak naik apa ke Jember?" "Bapak naik bis dari bungurasih" trus gw bales "Lah, sama dong pak?" "Kalo begitu bareng aja, biar lebih seru" Kata Pak Santos. Alhamdulillah, makan pagi dengan rawon panas dibayarin ma dosen gw. Setelah makan, kita nunggu bis bareng-bareng, sambil foto-foto tentunya untuk kenang-kenangan. Bis menuju terminal bungurasih tiba. Disini nih dewasa banget, bis sepi (ga terlalu banyak penumpang) trus ada pengamen nyanyi rock-rock 70an atau 80an kayanya (gw ga tau) nyayi lah bareng sama si Bara. Trus pengamen bilang "Pak, udah pak" Pak Santos bales "Nyanyi aja trus, gampang masalah bayar" Pengamennya ga mau kalah "Bukan masalah itu Pak, suara saya ga sanggup lagi" Hahahahaha. Shit! Ke Afrika banyak cerita emang. Perbincangan pun ditutup dengan pemberentian gw di terminal bungurasih.


Menuju Baluran
Dapet bis yang ac merupakan suatu berkah, karena perjalanan menghabiskan waktu kurang lebih 5 jam. Dari 80rb jadi 46rb!

backpacker point:
1. pengetahuan lu bakal nambah karena ketemu sama orang2 berbagai negara
2. wawasan tentang negara semakin luas
3. interaksi dengan masyarakat yg buat lu makin kane

Complete Your Adventure
Apa yang di nanti ada di hadapan mata, langkah kaki sudah tak sabar untuk melangkah, menyusuri tiap jengkalnya! Welcome to Africa Van Java Baby . Tindakan yang harus dilakukan pertama kali adalah bukan nafas buatan, melainkan lapor ke petugas taman nasional. Setelah lapor, kita di kasih tempat gratis buat isitirahat semalam. Tempatnya layak banget! Kaya pendopo gitu dan listrik 24jam. Kenapa kita stay semalem di pos luar? Karena menuju sabana bekol jaraknya tu 12KM!!! Sebenernya bisa nyewa mobil untuk kesana. Tapi masa iya mau langsung kaya gitu. Masih seger ini bray! Can`t wait for tomorrow!


12 KM

Setelah beristirahat dengan nikmat, gw mempersiapkan diri buat menuju sabana bekol yang ditempuh dengan jarak 12 km. Ada yang buat gw terpacu sebelum mulai melangkah, yaitu tulisan "Welcome to Baluran, complete your adventure" Sadis kata-katanya. Untuk sarapan kita nyari tempat makan di pinggir jalan dan klo nyemil ada koperasi mini gitu di deket kantor informasi. Lengkap deh pokoknya. 12 km dengan jalanan aspal yang sedikit berbatu siap gw sikat ma temen-temen gw. Air cukup dan gula merah juga cukup. Oia, kalo sedang trekking tu baiknya nyemil gula merah, karena ngebantu daya tahan sama stamina juga. Tepat jam 09.00 gw berangkat menuju sabana bekol.


Selama perjalanan, gw lebih banyak istirahatnya. Tiap berapa ratus meter berenti. Jangan memaksakan diri kalo sudah merasa cape, lebih baik beristirahat pak. Dalam jarak 12 KM, penyajiannya tu asik banget. Tiap lu jalan bakal denger suara burung, kadang lu bisa liat ayam hutan terbang dan sebuah kawasan hutan yang bernama evergreen (baik musim kemarau atau penghujan, ni hutan tetep hijau). 12 KM itu jauh, cape? Pasti! Seneng? Lebih pasti!

Welcome to Bekol

Kurang lebih pukul 15.00 waktu setempat, misi telah terlaksana kapten! Kami telah berhasil sampai di Bekol dengan catatan waktu 6 jam. Catatan tercepat pada hari itu, karena wisatawan lain pada pake mobil. Ujung ceritanya tu dapet banget, diawali oleh penglihatan gw terhadap biawak yang seakan- akan tu ngasih petunjuk kalo sebentar lagi nyampe. Pada akhirnya, "AFRIKAAAAAAAAA VAAAAAANN JAAAAAAVAAAAAA!!!!!" terbentang luas di hadapan gw tanpa pandang bulu. Kawanan rusa nyambut kedatangan gw dan temen-temen gw. Arena bermain terhampar luas, 12 Km itu ga ada apa-apanya kalau lu bandingin dengan apa yang dihadapan gw. Rasa cape coba gw acuhin, bener-bener luas banget!

Setelah itu, gw lapor dengan petugasnya untuk menanyakan tempat yang bisa ditempati untuk beristirahat. Perundingan di adakan oleh kami dan ada kamar kosong untuk kami ber-7. Setelah beberes dan lain-lain, gw berunding untuk membuat ulang rundown gimana enaknya. 1,2,3 hari ini kami putuskan untuk beristirahat dan berputar-putar dekat penginapan saja dulu. Ketika pagi tiba, gw bakal explore bekol dan menuju pantai bama yang berjarak 3 Km. Keesokannya explore bekol lagi dan masuk kawasan hutan bakau.

Sebelum listrik padam pada pukul 23.00, gw sama temen-temen masak makanan yang udah kita bawa dari Semarang. Modal sarden, mie atau kornet udah lumayan lah. Setelah makan, agenda terpenting adalah pijet! Solidaritas dan toleransi penting selama bepergian. Sama-sama ngerasain cape bareng. Sistemnya mudah, cukup cari partner pijet dan tinggal gantian deh. Mudah dan bermanfaat.


"Beruntunglah gw karena ketika baru datang yang menyambut bukan cuman rusa, tapi juga Green Peafowl, tu burung ga terbang tapi lari masuk ke hutan"

Brave in The Stupid Way
Pagi-pagi gw udah bangun buat ngeliat pemandangan sabana bekol dari mercusuar. Damn! Indah banget bray, tenang, hening, sejuk. Deskripsikan jika bisa lebih detail, tapi gw ga terlalu bisa. Gw cuman bisa bilang ini Indonesia dan ini indah.


Setelah selesai di mercusuar, kami bersiap untuk menjelajahi bekol dan 3 Km menuju pantai bama. Cuman pake sandal menurut gw udah oke. Karena cuman 3 Km dan jalanannya ga terlalu parah juga. Selama perjalanan, gw belum ngeliat maskot ni Taman Nasional yaitu banteng dan rusa pun belum keliatan. Sumpah asik banget jalan diantara padang rumput luas banget, sesekali gw masuk ke semak-semak buat naik ke mercusuar kecil gitu (kaya buat pos jaga, tapi udah ga ke pake lagi). Nah, lama kelamaan jalan menuju ke pantai bama jadi kurang bersahabat. Gw dateng di musim pancaroba, harusnya sih udah kemarau. Jalanan yang tadinya biasa-biasa aja jadinya becek parah, ditambah gw pake sendal. Hipotesa gw salah, pada akhirnya sebelum nyampe di pantai bama, sendal jepit andalan penjelajah ini robek, lepas, rusak dan putus.




Oke, setelah berkutit dengan sendal yang putus. Gw nyampe juga di pantai bama. Ni pantai deket dgn hutan bakau, atau gw sebut aja pantai bakau deh. Gw nyari spot yang enak buat main. Ketika lu sedang bermain, ada baiknya berhati-hati sama monyet. Karena mereka bisa jadi penjarah yang hebat. Setelah puas main, kita mutusin buat pulang karena hari semakin senja. Rada serem juga kalo balik ke bekol malem-malem.

Pembodohan itu dimulai. Keluar dari panta bama, hari itu udah senja banget deh. Sekitar 100an meter dari pantai bama, seketika daerah hutan di bagian kiri tu heboh, rame, sumringah dan panik. Nah loh, ada apaan coba. Suaranya tu kaya kawanan hewan lagi di serang gitu. Kalo itu anjing hutan atau beruang atau yang lebih parah lagi macan tutul, apa kabar gw ma temen-temen gw? Bermodal batang kayu gede yang dipegang sama reza, kita ngebraniin diri nerjang  sabana malem-melem. Mudahan ga terjadi apa-apa. Perlahan tapi pasti, kita tumbang satu persatu. Bukan badannya yang lemah tapi kaki sakit gara-gara jalan becek dan penuh batu. Cuman joan aja yang sendalnya bertahan, yang lain nyeker. Jadi, gw merasa ga berani dengan apa yang gw lakuin, walaupun rame-rame. Tapi ga gitu juga kali ya, udah tau padang sabananya gede banget dan hewan di sana rata-rata berbahaya. Emm, kalau mau nambah pengalaman ya silahkan coba.

Perjalanan Semakin Menyenangkan
Setelah senang dengan hari kemaren yang sedikit menantang, gw masih belum ngerasa puas. Selanjutnya gw main-main lagi ke sabana dan trekking kurang lebih 2 Km buat nyusurin hutan bakau yang nanti bakal tembus ke pantai.

Belum jauh dari penginapan, udah banyak aja kawanan rusa minta di buru. Ini saatnya gw mengendap-endap buat ngejar mereka, terus lari-lari bareng mereka. Gw manfaatin rumput yang masih tinggi, tanah yang becek ga peduli! Lanjut terus, gw harus bisa lari bareng mereka. 5 orang di sabana, 2 orang menjaga di jalanan untuk menjebak mereka. Semakin mendekat, dekat, dekat dan gw kentut. Hahahahaha. Kaga-kaga, gw becanda. Ternyata mereka mengetahui kehadiran kami, apapun itu gw ngerasa sudah saatnya gw keluar dan kawanan rusa itu berlari dengan kencang, getaran langkah terasa layaknya gempa sesaat, jantung pun seakan mengiringi langkah mereka. Hahaha...


Puas bermain di bekol, saatnya buat ke menelusuri hutan bakau dengan berjalan kaki pastinya. Nah, pas jalan kaki ada mobil yang ngangkut bahan bakar buat di pantai bama. Gw bermaksud ikut aja, jadi ga perlu jalan kaki gitu. Hahaha dan ternyata mobil tersebut adalah mobil yang bakal bawa kita kembali ke pos depan (Jadi untuk pulang, gw ga perlu jalan kaki lagi. Tapi nyewa mobil buat nganter ke pos depan. 12 Km cuman jadi pengantar aja, sebagain ending ada baiknya cari suasana baru, hehehe). Gw diturunin tepat pintu masuk nelusur hutan bakau dan janjian jam 5 harus di pantai bama buat dianter ke bekol terus ke pos depan.

Ketika gw mulai perjalanan menjelajahi hutan bakau, patokannya cuman jejak yang emang udah tersedia dan kadang berpatokan ke pantai. Ga lama, gw nemuin yang namanya suatu tempat yang bener-bener udah galau bisa tambah galau. Ini tempat pas banget gitu, di ujung hutan bakaunya. Air laut yang tenang, suasana yang damai, tapi tetep nyamuknya ga woles. Kalo menuju ke ni tempat ada jembatan penghubungnya, apa penghubungnya? yaitu cinta. Hahahaha. Maaf-maaf, salah fokus. Penghubungnya tu jembatan yang dibuat sedemikian rupa sehingga menghasilkan goal yang menakjubkan. Pokoknya damai sedamainya deh.


Kembali Ke Bekol
Setelah mendapati sebuah tempat rahasia yang pura-pura dirahasiakan, gw balik ke pantai bama untuk bertemu orang yang akan mengantar gw kembali ke bekol dan tentunya kembali ke pos depan. Kurang lebih kendaraan tersebut bergerak sehabis magrib. Gw bener-bener nikmatin malam naik mobil di padang sabana (bukan jalan kaki). Bapak-bapaknya bilang "biasanya jam segini banyak banteng mas" Wow! Tapi sepanjang mata memandang, gw cuman mendapati rusa tepat disamping mobil.

Sesampainya di bekol, gw dan teman-teman langsung naroh barang di mobil (sebelum main, udah packing) 12 Km malam ini bukan dengan langkah kaki, melainkan dengan roda empat. Sepanjang jalan, ga ada henti-hentinya gw dan yang lain nyenterin kanan kiri dan belakang, berharap dapet sesuatu yang menggembirakan. Tapi, pada akhirnya belum dapet apa-apa.


Akhir
Sesampainya di pos depan, gw nginep semalem lagi dan pulangnya besok pagi. Dikarenakan lahan dua pendopo dewasa telah dipake oleh dua orang bule dari Jerman. Gw dan temen-temen akhirnya make terpal sebagai alas tidur di halaman kantor. 

Ketika pagi tiba, gw pun siap untuk kembali pulang. Gw nyempetin masuk kantor buat liat-liat (sebelumnya ga sempet), ternyata disana banyak hewan-hewan yang diawetin. Seperti biasa di balik kepulangan, rangers selalu mengucapkan kata "lain kali kesini lagi mas" Oke pak!

Pulang kira-kira naik bis ac apa yang biasa ya? Oh no no no... Keduanya salah. Awal dapet lah ya, pertengahan oke juga, bagaimana akhirnya? KLIMAKS! Gw sepakat dengan teman-teman buat naik TRUK ke Surabaya!!! Ini pengalaman pertama buat kita semua. Bukan karena ga ada duit lagi, tapi dikarenakan alasan pribadi yang ingin merasakan jejak petualangan yang terus teringat dan terasa sampai ke ubun-ubun sebelum tidur.

Mostly, banyak truk yang lewat dan banyak juga yang ngacuhin kita. Mungkin posisi kita aja yang kurang strategis mepet banget ma tikungan. Kita pun maju selangkah demi selangkah. Apakah sudah dapat? Masih belum. Tiba-tiba... Ada bapak pake mobil pick up bawa bawang, ikan asin dan segala macam dagangan pasar berenti dan mau nganterin kita sampai keluar komplek Taman Nasional. Gw berinisiatif nanya "Pak, ini gratis kan ya?" Bapaknya jawab "Iya mas, tapi saya cuman bisa nganter kurang lebih 16 km, nanti saya berentikan di tempat yang banyak truknya" Subhanallah, berkah banget deh berkah. Gw kegirangan kaya bocah, sambil terus teriak "dewasa! dewasa!" Dan sempet buat video yang cuman berujar "GRATIS" Hahahaha

Pemberintian ternyata di pom bensin. Tempat strategis buat gw dan temen-temen ngelobi supirnya. Sebelum ngelobi, kita rame-rame ke warung buat beli tolak angin, yang pada intinya menandakan bahwa kita masuk angin. Hehehe. Ngelobi supir truk ga gampang, bener-bener perjuangan. Tapi pada akhirnya dapet juga dengan tarif Rp 5000. Gw meninggalkan situbondo kurang lebih sore waktu setempat. Tapi, jejak gw udah selamanya berada disana.


"Bukan Afrika sungguhan, tak sebesar Afrika sungguhan. Tapi cukup besar untuk menambah rasa cinta kepada negeri ini"

Aldair, 16 Maret 2012

Untold Story:
1. Bara dan Reza dapat giliran beli bahan makanan yang mulai menipis. Mereka berdua nyewa motor untuk pergi ke pasar. Sekembalinya dari pasar, mereka benar-benar beruntung telah bertemu dengan anak macan tutul.
2. Setelah menerjang padang sabana yang luas pada malam hari, kami melakukan satu kebodohan lagi. Kami masuk hutan dengan berbekal jejak yang ada. Tapi lama kelamaan kami sadar, bahwa jejak tersebut bukan dibuat oleh manusia, melainkan oleh banteng. Karena kami melihat jejaknya.
3. Saat di truk, reza mendapati tomcat hinggap di badannya. Waktu itu tomcat lagi in banget, ngalahin rekan sejawatnya jerrymouse.
 

0 komentar:

Post a Comment