Thursday 24 October 2013

Taman Nasional Ujung Kulon



Minuman Cap Badak
Untuk melengkapi koleksi Taman Nasional, Ujung Kulon menjadi destinasi selanjutnya. Alasannya simpel, Taman Nasional ini deket dari Jakarta ditambah ada tanggal merah. Pas banget deh pokoknya. Di Taman Nasional Ujung Kulon, gw berharap bisa  trekking nyari badak cula satu. Tapi, kenyataanya gw ga bisa. Cuman bisa menyusuri di pesisirnya aja. Karena kalau mau ngeliat atau nyari badak, harus punya surat penelitian. Susunan acaranya gw bakal trekking selama kurang lebih 2 hari 1 malam (Taman jaya - Pulau Peucang). Apakah akan berhasil? Kita lihat saja pemirsa... Selamat menyaksikan

The Team
Jakarta - Taman Jaya
Janjian jam 10 malam buat berangkat dari terminal kalideres ke serang. Tapi, sampai lewat jam 10 pun cuman gw, abenk dan zendi yang udah ada di terminal kalideres, yang lain? masih dijalan. Jam 10 itu adalah keberangkatan terakhir bis dari kalideres menuju serang, meeting point pun di pindah ke depan rumah sakit harapan kita.

> Backpacker point:
1. Jangan tidur kewolesan, karena seketika akan terbangun untuk ditransfer ke bis lain
2. Jagalah barang bawaan anda sendiri, karena pas transfer bis kita sempet panik karena tasnya gilang ga ada. Usut punya usut sih tasnya gilang udah di bawaiin kenek, ASEM!

Dari serang menuju taman jaya menggunakan elv carteran, karena ga banyak angkutan menuju ujung kulon pemirsa, kane. Elv yg kita carter cukup besar untuk kita orang, perjalanan awal pun nyaman. Tapi lama kelamaan ini angkutan makin ga woles berasa bawa ikan asin sama bawang merah. Ya gw mikir bodo amat (re: tidur yang bodo amat) aja deh, karena sampai di taman jaya kita semua harus langsung treking.

Awas Duri, Becek, Lumpur
Kurang dari jam 9 pagi, gw mulai perjalanan gw yang dibarengi dengan gerimis. Medan yang di lalui masih jalanan mulus. Tujuan pertama ke pos 1 untuk absen. Setelah nyampe pos 1, hujan lebat pun datang. Kami beristirahat sejenak dan seketika mau ga mau kita harus berangkat. Mantel udah di bawa, jadi tinggal di pake. Ini dewasa banget, hujan-hujan masuk hutan pake mantel. Ekspedisi abis deh ni perjalanan. Hahaha



Karena ini pengalaman pertama nyusur hutan jadinya masih ngerasa asik-asik aja dan pada akhirnya gw nikmatin medan berlumpur yang penuh duri. Gw aja yang pake sepatu KO, apalagi geng sendal (Abenk, Gilang dan Aju). Langkahin kaki udah berat ditambah harus berjuang nahan sakit akibat duri yang masuk ke dalam sepatu.

Selama perjalanan yang hanya memakan 9 km tapi berasa 20 km plus hujan yang ga berenti-berenti, gw sempet panik karena banyak yang teriak "Aww, anjrit sakit!" Sendal putus, jatuh dilumpur plus jalan yang terendam air sepaha karena hujan dan gw sama yang lain harus berjibaku bergandengan tangan buat nyebrang, KANE!

Mang Ade selaku guide kita berasa kita adalah seorang yang sangat ahli dan biasa dengan situasi kaya gini, bawaannya ngacir mulu. "Mang Ade pelan mang, ketinggalan jauh niiii" Berpikir sebentar buat nganalisa peluang gw buat sampai di Peucang yang memakan waktu 2 hari 1 malam. 9 Km aja udah kaya gini, apalagi 2 hari 1 malam??? Ada baiknya gw bertanya.
Gw: Mang, Pos 2 masih jauh?
Mang Ade: Engga kok, bentar lagi.
Gw: Kalo dari pos 2 ke peucang medannya kaya gini juga ga?
Mang Ade: Kurang lebih sama, dan lebih parah. Karena kita bakal lewatin sungai yang tingginya seleher. Kemaren mang Ade lewat, nemenin bule gila pengen liat Owa.
Gw: Oke oke oke oke, cukup tau aja.

"Taman Nasional Ujung Kulon, buat ketemu badak kansnya kecil. Paling-paling liat babi. Terus apa yang gw dapet? kerja keras dan kesabaran, KANEEE! Tapi serius lho, klo lu orang yang lebih bangga dengan suasana di bawah selimut ya pasti susah juga buat ngejalanin kaya gini"


Pos 2
Yes yes!!! gw udah nyampe di pos 2 dengan keputusan yang tanpa harus gw tanyakan bahwa "AL, besok kita ga usah treking sampe peucang. Kita langsung naik kapal aja, gw ga sanggup lanjut klo medannya kaya tadi" Pendapat diterima! Padahal ya, kalo dilanjutin itu bakalan kane bgt. Karena bakal lewatin habitat macan kumbang, rawa setinggi badan. KANEEEE! Ngomong-ngomong macan kumbang nih ya, klo pun ketemu walopun cuman angan-angan ya no escape banget ga sih. Lari? jelas mereka lebih cepat, manjat pohon? Lah habitatnya aja di atas pohon, lari ke sungai atau laut? yakin? Hahahahaha

Welcome pos 2, tempat dimana gw bakal beristirahat dan disini cuman ada sumur buat mandi. No signal dan cuman suara ombak yang bakal lu dengar. Santai berasa kaya ga ngalamin treking terabsurd itu emang kane, past is past future is yours gitu lah, hehehehe. Masih ngumpul depan pos, eh rezeki dtg dengan sendirinya. Ada nelayan yang bawa ikan hasil tangkapannya dan ikannya masih segar. 8 ikan dihargai 50k, tanpa pikir panajang langsung hajar ajalah ya. Nah, bagian bakar membakar gw serahin ke mang ade.

Kelar beres-beres, ternyata hidangan sudah hampir siap. Ikan laut bakar ala Chef Ade dan sarden siap gw santap. Semuanya berlaskan daun yang diambil mang Ade. Ini kane banget! Makanan ini gw nilai sangat istimewa, kenapa? Kebersamaan yang ga ternilai banget, serta rasa syukur yang besar buat ngehargaiin ini semua. Gw merasa beruntung banget bisa kaya gini. Bermodal head lamp sama senter sebagai penerangan, gelak tawa di tengah hutan, cape bareng kenyang bareng. Pokoknya semua bareng!

Jam menunjuk angka 8 malam, dan itu tandanya harus tidur. Tapi lagi-lagi, selalu ada cerita di tiap jejak man. Abenk dan Aju belum mau tidur, mereka masih diluar. Ga lama, suara gaduh mereka buat. Ada apa gerangan? Ternyata ada tokek. Hahaha sial. Nah trus, ketika semuanya sudah siap dan masih ngobrol-ngobrol dikit. Tiba-tiba aju kakinya keram! Hahahahaha. Trus lagi ni, janji kepada semuanya adalah ketika salah satu dari kita pengen buang air. Maka semuanya harus bangun buat nemenin, thats the rule!
6 Jam Terdampar

Subuh kita semua udah pada bangun. Selain untuk sholat, kita juga pengen ke pantai buat refreshing dikit. Terus setelah itu, pekim berinisiatif buat ngambil kelapa muda buat minum kita. Karena stok air menipis. Trus lagi ni ya, kita sarapan dan berangkat jam 10an lebih kalo ga salah. Jarak tempuhnya cuman 2 Km, ke tepi pantai untuk dijemput sama kapal menuju peucang.

Ga nyampe sejam, kita udah nyampe di tepi pantai dan siap buat di jemput. Tapi, ga sesimpel rencana awal kita. Kenapa? Karena sinyal susah banget di dapat dan baru dapat di tepi pantai. Semua informasi buyar! Gw liat mang Ade sedang nelpon, dan ternyata mang ade di telepon Pak Rawa buat memberitahukan informasi bahwa kami ga jadi ke peucang. Segera mang Ade ngasih telepon ke gw, dan ternyata kapal yang kita carter itu udah dari pagi menuju peucang. What? terus ini kita gimana? ngapain? Pak Rawa menjelaskan untuk mengupayakan segala cara buat memberitahukan kapal yang di peucang segera kesini atau berharap ada kapal di pelabuhan yang bisa disuruh kesini.

Sembari nunggu kabar kapal, kita rame-rame jemur pakaian dan lain-lain yang basah karena ujan kemaren. Pantai ada, tapi lebih ke pantai lumpur. Suasanya sih tenang, banyak pohon gitu. Setelah semua kegiatan cengangas cengenges, gw sama yang lain ngerasa jenuh banget. Persedian air pun habis. Dari banyak ketawa jadi pada diem karena udah ga tau lagi mau ngapain, mau di bawa happy tapi lemes. Akhirnya Mang Ade sama pekim berinisiatif buat nyari air ke hutan. Air yang diambil adalah air kubangan bekas ujan yang jernih. Sekitar 15 menit, mang Ade dan Pekim udah balik. Karena masih banyak persediaan mi, Kita mutusin buat masak mi 4 bungkus. Setelah makan mi, baru deh ngerebus air buat persediaan. Setelah makan, yang tadinya udah pada bt malah jadi seger lagi. Jadi dapat di tarik kesimpulan kalo kita semua lapar. Hahahahaha...


Ga lama sehabis itu, ada kapal yang datang. Kira gw yang jemput gw, ternyata tu kapal bawa pengunjung lain yang pengen trekking ke pos 2. Sial! Gagal lagi. Dibalik kegagalan di harapan pertama, gw, Meta, Pekim mutusin buat main air.. Basah se paha aja deh. Yang lain? tadinya sih pada ga mau, tapi mau juga akhirnya. Disini gw sama yang lain foto-foto ga jelas. Yang tadinya niat cuman basah sepaha akhirnya basah semua, main lempar-lemparan lumpur, salto-salto ga jelas dan saat itu sunset udah ada, bertanda udah mau malam.


Setelah puas, gw blm bisa liat harapan dalam perjalanan ini. Karena sama sekali ga ada kabar dari Pak Rawa. Pengunjung yang tadi lagi makan, berarti mereka bakal dijemput lagi sama kapalnya. Bagaimana kalo make kapal itu aja? sahut salah satu temen gw. Nego nego dan akhirnya di putuskan kapal tersebut mau nganter kita. Kemana? Kembali ke Taman Jaya! Shit! Rundown ancur. Tu kapal kecil, kapal nelayan yang dipake buat mancing ikan-ikan kecil Maksimal sih 4-5 orang gw yakin. Kapal tersebut berangkat jam 5, dan nganter pengunjung yang aslinya dulu baru jemput kita lagi. Estimasi bolak balik 1 jam.


Lebih dari sejam, iya lebih! Itu hari udah malam, air pantai pun udah pasang dan lebih parahnya lagi Pekim udah di sengat sama ubur-ubur. Gw ga kebayang, malam-malam nerjang laut pake kapal kecil. Ditambah lagi kita naik harus bergantian. 5 orang terlebih dahulu. Teketek ketek ketek, suara kapal datang. "Semuanya aja naik" Kapten kapalnya bilang kaya gitu! Anjrit, 10 orang di kapal kaya gini? ditambah megang tas yang beratnya minimal 5 kg? Pas udah jalan, gw ngomong ke Pekim "Pek, klo ada apa-apa tolongin gw ya"

Terperangah gw di tengah laut. Subhanallah, gw mandang langit yang bintang nya banyak banget, ga kaya di Jakarta! Kane!!! Kalo di tengah laut jangan arahkan senter ke air karena bisa mancing ikan buat lompat ke arah kita dan ini fakta bahwa Indonesia tanpa teknologi udah hebat banget apalagi kalo ditambah teknologi hal ini karena gw ngeliat mang Ade ngarahin kapal tanpa GPS sama sekali.

Setelah satu jam, akhirnya gw nyampe juga di Taman Jaya. Apa nyampenya gitu aja? Oh tentu tidak. Karena air pasang jadinya kita semua harus turun dulu di air trus dorong kapal ke tepi. Nah, pas dorong kapal, Aju ngasih tau gw "Al, kata kaptenya kalo disini banyak buaya, makannya gw ga turun" Hahahahaha. Pas Aju ngasih tau kaya gitu, langsung gw naik ke Kapal. Hehehe

Nyampe di Taman jaya, tepatnya di rumah Pak Rawa. Gw negoisasi ulang mengenai keberangkatan kita ke Peucang dan Cigenter. Lagi-lagi kita harus arrange ulang dana. Karena 1. Nyewa kapal lagi, karena kapal yang kita carter sebelumnya ga bakal balik. 2. Kita harus nginep di penginapan. Semuanya kita ulangin lagi dari awal. Sukur Alhamdulillah, penginapannya layak banget. Enak banget buat di tidurin. Hahahahaha

"Apa yang gw lalui bukan mencari-cari kesusahan dalam perjalanan atau sensasi yang yang menyusahakan diri sendiri. Semuanya timbul memang karena gw ingin dan pgn nyobaiin cara ini untuk melakukan perjalanan"

Perjalanan ke Peucang
Berangkat pagi dengan kapal baru plus harapan semuanya berjalanan lancar sesuai rencana. Gw awali dengan menuju peucang yang bakal ditempuh dalam waktu 3 jam. Peucang sendiri merupakan salah satu primadona dari Taman Nasional Ujung kulon. Mulai dari pantai yang bagus, spot buat nyelem dan interaksi dengan satwa liarnya juga dewasa.

Namanya tengah laut tu asik banget, rasanya lepas banget, pantesan aja ada isitilah "Laut Lepas" Hehehehe. 3 jam itu kalo di bawa asik berasa kaya 5 menit, asli! Ga terasa Pulau Peucang udah ada di depan mata, ternyata disana banyak banget kapal yang nangkring beserta wisatawan-wisatawan lokal. Nah, kali ini banyak nih wisatawan lokalnya, beda sama perjalanan gw sebelumnya.
Journey to Peucang
Peucang

Dari semua yang ada di Peucang, menurut gw interaksi sama hewannya cakep banget. Babi hutan di tengah hari bolong seketika jadi superstar, karena gw sama yang lain berebut buat foto bareng ni hewan. Padahal cuman babi lho, tapi hebring amat ini gw.

Abis muter-muter, gw langsung mengalihkan posisi badan ke pantai. Karena sayang kalo ga main air di Peucang.

Setelah main-main air, gw sama yang lain siap-siap buat masak untuk makan siang. Untungnya di kapal ada kompor, jadi ga ribet buat masak. Tugas masak kali ini seperti yang udah-udah, selalu di ambil alih oleh Pekim. Gw lebih milih tidur, yang lain masih main air.

Lelucon di Peucang: Ini fakta terungkap jauh setelah lilitan mie rebus masuk ke dalam pencernaan kita semua. Jadi, ketika lagi masak mie rebus, pekim minta bantuan aju buat nahan tutup panci untuk buang airnya. Ember bekas air laut masih ada pasir-pasirnya dikit jadi wadah buat air. Seketika ada ketidaksengajaan terjadi, tutup panci yang jadi benteng pertahanan terakhir pun jebol, mie merangsak masuk ke dalam ember rasa garam alami dan kedua tersangka tersebut berhasil menutupi kesalahan mereka dengan pengalihan yang sangat baik.

Cigenter
Setelah dari peucang, gw bakal menuju ke salah satu tempat yang jadi primadonanya TNUK. Bisa dibilang, ini objek yang sebenarnya pengen banget gw rasaiin. Kalo diliat dari internet dan sumber lainnya, Cigenter ini ngebawa kita nyusurin muara layaknya ada di amazon pake kano bermesin. Belum lagi buaya-buaya muaranya, plus kalo hoki gw bisa liat jejak badak di sini. 

Sebelum mulai masuk Cigenter, gw harus ke Hendeleum dulu buat registrasi. Hendeleum sendiri merupakan salah satu pulau yang ada di TNUK. Sebelumnya, gw sempet ngira kalo di cigenter itu bener-bener sungai yang ada di hendeleum. Ternyata gw salah, cigenter merupakan muara yang ada di seberang pulau hendeleum. Intinya ya tetep di pulau bukan hendeleum.

Gw kaget karena disuruh buat naik kanonya pas lagi di tengah laut. Ga ada pelampung, abang-abangnya cuman ngomong "udah gpp, santai, gpp" Yah bang, namanya takut mau diapaain. Trus gw sama yang lain harus ngedayung tu kano sampai ke cigenter. Tenang, sunyi, cocok banget buat buaya kawin "Welcome to Cigenter"


Jujur banget, sebenernya gw takut. Ni sungai bener-bener ngeri banget. Sepanjang jalan lu bisa denger suara burung aneka rasa, biawak lagi nyatai dan ular yang sedang beristirahat di pohon. Bagaimana dengan airnya? Dalam pikiran gw, "Klo ada buaya tiba-tiba lompat ke kapal gimana kabar gw" Karena jarak air sama bibir kapal cuman sejengkal. Tapi, tapi, tapi Alhamdulillah. semuanya berjalan lancar selancar papan luncur.

Terima Kasih TNUK
Tidak terasa, gw udah kelar berpetualang di TNUK. Selesai di cigenter, gw langsung balik lagi ke Taman Jaya. Sesampainya, semua bersegera mandi. Karena rajungan beserta teman-temannya udah siap banget di santap manja. Gw yakin, ini malam gw rakus banget.

Setelah mengisi perut dengan menu laut, gw nyempatin ngobrol-ngobrol lagi sama mang ade (super guide) mulai cerita pengalaman doi pas ketemu badak sampai dapat penghargaan dari pemerintahan Afrika karena dedikasi konservasi badak nya. Wah pokoknya dewasa banget dah. Dari nelayan trus akhirnya ikut dalam memerdayakan badak. Si cula satu yang katanya hampir punah. Tapi Alhamdulillah, kalaupun tewas itupun bukan karena diburu.

Oke, semua ada cerita, ada jejak, ada makna. Gw bisa bercerita kalau lancar, trus jd ga lancar dan lancar kembali. Semuanya terangkum rapi dalam ingatan gw. Walaupun ga ketemu badak, ga nyium badak, ga naik badak, gpp! Gw bisa beli larutan cap kaki tiga yang ada badaknya sambil nongkrong bareng Desi Ratnasari. Dewasa!

gw dan mang Ade
The Team
"CUMAN MAU NGOMONG INI ITU DI INDONESIA PASTI KANEEEEEE!"

Oia lupa, masih ada cerita yang belum disampaikan. Berikut ini ceritanya:
Malam terakhir di penginapan bener-bener jadi malam yang aneh. Ketika pekim bangun untuk  solat subuh dia ngeliat isi tasnya berserakan dimana-mana. Hp dan dompet terutama. 2 jam dari kejadian tersebut, pekim baru sadar kalau uang untuk bayar penginapan ilang senilai 400k!!! WTF! Gaib bray, sumpah gaib. Serentak pada nanya "Lu ga ngigo atau apa kan?" "Kaga, sumpah demi dah" tukas pekim. Klo ada maling pun, ga bakal bisa masuk karena pintu kamar kealangan sama kasur yg gw tidurin bareng pekim. Akhirnya semua iklas dengan meninggalkan sebuah misteri bahwa kamar gw doang yang ada dua buah batu, dibelakang pintu dan di bawah kasur. Pekim merupakan sosok pemegang uang dari setiap perjalanan gw dan teman-teman gw.

Aldair, 5 Juni 2013

0 komentar:

Post a Comment