Saturday 2 November 2013

Taman Nasional Kutai


Ceritanya
Dalam rangka mengisi liburan setelah idul fitri, gw berencana pergi ke Taman Nasional Kutai. Untuk apa? Pertama, untuk melengkapi koleksi Taman Nasional. Kedua, gw pengen liat orangutan di habitat asli mereka secara liar. Kenapa Taman Nasional Kutai? Karena berada di provinsi yang sama dengan gw yaitu Kalimantan Timur. Cukup dengan perjalanan 5-6 jam dengan bis. Jangan berharap di Taman Nasional Kutai akan seperti Taman Nasional Tanjung Puting, karena di Kutai orangutan bener-bener liar, beda banget sama Tanjung Puting yang difokuskan untuk pusat rehabilitasi orangutan. Berada di kota Sangatta, kota yang terkenal dengan tambang batu baranya yang melimpah dan mayoritas dimiliki oleh orang yang bertanggung jawab dengan indahnya danau lumpur di Sidoarjo. Dalam perjalanan kali ini, gw melakukannya sendirian. Ini jadi pengalaman pertama buat gw, dari awal sampai akhir gw sendirian. Apa bakal menarik atau malah jadi aneh karena gw sendirian? Berikut beritanya...

Terminal Lempake
Pagi hari gw berangkat dari rumah nenek gw dianter sama bokap ke terminal lempake. Karena masih disuasana setelah lebaran, ini terminal masih sepi. Bermodal nanya sama petugas terminal, gw cukup di suruh nunggu aja. Nah, sambil nunggu gw kenalan sama yang namanya Fauzan, mahasiswa jurusan lingkungan Universitas Mulawarman yang asli Sangatta dan keluarganya punya perusahaan bis yang bakal nganter gw ke Sangatta yaitu bis arafat. Dengan kenal sama Fauzan, gw cukup terbantu sama informasi-informasi sekitar itu kota plus Taman Nasional Kutai. Karena dia juga pernah melakukan penelitian tentang orangutan. Alhamdulillah banget deh ini.
Welcome to Prevab Mentoko
Gw nyampe di terminal sangatta kira-kira jam 3an. Berhubung disini jarang banget ada angkot, jadinya gw naik ojek, rada mahal sih tapi lebih praktis dibanding angkot. Gw bakal menuju balai Taman Nasional kutai, di sana gw udah janjian sama Pak Supiani (Senior ranger di Taman Nasional Kutai). Beliau lah yang selalu gw hubungin perihal kunjungan gw kali ini.

Kesan pertama gw tentang ini kota adalah GERSANG! Ga ada pohon yang tinggi. Isinya debu doang ini kota. Gila, kronis, tidak sungkan, linglung, au ah dah apa tuh. Karena ini kota adalah area tambang ya mau digimanaiin lagi. Tapi adanya Taman Nasional udah ngebantu banget ini kota sebagai sarana penyegaran.

Ketika udah sampai di desa Kabojaya, gw nunggu di balai informasi dan segera menghubungi Pak Supiani kalo udah sampai disini. Bra bro bra bro bra.... emm, bra bro bra bro kurang lebih seperti itu percakapan gw dengan Pak Supiani.




Nah, perjalanan pake ketinting dimulai. Ett, sebelum itu ada satu hal yang buat gw rada ngilu, sebelum gw turun ada tulisan "Hati-hati ada buaya/binatang buas." Waduh, ini gimana ya, gimana ini nih. Hahahaha





Safari Sore

Treking gw pun dimulai, diawali dengan sebuah cerita ironi dari pak Udin mengenai Kawasan Taman Nasional yang beradadi daerah pertambangan hingga fakta menarik seputar orangutan.
"Banyak pihak yang ingin Taman Nasional ini dihilangkan, karena satu atau dua hal.Dulu ada peraturan tentang tidak boleh adanya pemukiman di kawasan Taman Nasional tapi sekarang peraturan tersebut hilang entah kemana"

Orangutan itu:
  1. Liat-liat kalo nyari makanan dan minuman, mereka tau mana yang beracun atau engga. Klo mereka keracunan berarti ya emang main hajar aja itu orang utan.
  2. Melahirkan sama kaya manusia, kurang lebih 9 bulan.
  3. Kalo pindah pohon mereka ga asal main lompat, biasanya mereka ngecek dulu pake tangan mereka dan dilain sisi kaki mereka tetap berada di pohon yang kuat.
Asking how to know?
Q: Bagaimana dalam penggunaan teknologi dalam pencarian orangutan?
A: Pak Udin said "kita ga pake teknologi dalam mencari orangutan, mobilitas mereka itu ga tinggi. Mereka pun mudah untuk dilacak dari bekas makanan yang jatuh dan bau kencing mereka"
C: Oke, air pipis. Dewasa!

Grasak grusuk! "Nah, itu pasti orangutan" Kata Pak Udin. "kok tau Pak?" Tanya gw, "soalnya suaranya keras dek, klo smooth and fast, that is a monkey" Walah, belum ada 1x24 jam gw udah bisa bertemu sama OTAAN (orangutan). Pandangan gw terus keatas, karena kalo ke bawah yang gw liat cuman semut. Finally untuk pertama kalinya gw ngeliat orangutan liar di habitat asli mereka bukan orangutan kolesterol atau peminum coca cola.



Orangutan
Sambil terus ikutin OTAN pindah-pindah pohon, Pak Udin bilang "Dek, ntr malam mau ikutan treking juga ga? sama bule nyari tarantula!" Wah anjrit bodo amat! Ini apa apaan jadi keren begini. Ga mikir buat nolak!
"Kurang dari sehari udah bisa liat otan di habitat mereka, kurang dari 
1 jam setelah ngeliat otan diajakin buat liat tarantula"

Fakta Unik:

Pak udin bercerita, kalo pernah ada bule Jerman yang bener-bener penasaran sama OTAN. Karena sepanjang dia berkelana di Taman Nasional Kutai, OTAN ga pernah dia liat. Akhirnya si bule memutuskan untuk membeli pisang beberapa sisir, untuk apa?
Pisang tersebut akan di tebar sepanjang hutan untuk menarik perhatian si OTAN untuk turun dari atas pohon. Kenyataanya? Mau dari jelek ke ganteng, ganteng ke jelek lagi juga susah buat OTAN turun, nah ini patut dicontoh kalo masalah penasarannya tapi ga gini juga kali....



Safari Malam

What to do?
- Seeing the tarantula
- Looking for the nocturnal

Selesai beres-beres, di depan penginapan udah mejeng dua sejoli dari Prancis. Mereka ikutan buat safari malam. Safari malam disini beda sama yang di Taman Safari, tanpa mobil dan pelindung, cuman bermodalkan autan. Itupun cuman bisa menghindar dari nyamuk, kalo dari mantan masih susah. 


Awali perjalanan dengan Bismillah, karena Allah adalah sebaik baiknya pelindung bagi kita. Langsung dari kawasan hutan Taman Nasional Kutai, 100 meter berjalan langsung dikasih jangkrik antena panjang (gw ga tau nama aslinya, jadi gw namaiin ini aja) 

Jangkrik Antena Panjang
Setelah bertemu si antena panjang, gw bertemu lagi dengan walking stick (yang namaiin Pak Udin), bentuknya aneh dan ga karuan. Dua sejoli selalu berada dibelakang karena mereka terlalu menikmati hewan-hewan yang ga pernah mereka liat, sama juga sih kaya gw, hehehe. 
Hal yang paling males gw dengar adalah ketika bule cewe berujar "snake, snake and snake, pleaaaseee snake" Nah, kelar banget ga sih lu denger doanya tu orang. Langsung lah gw kroscek sama Pak Dayat "Pak, disini ada uler pak?" "Ada dek, kobra item ada" Oke, oke mudahan ga ketemu, bisa repot nanti. 
Walking Stick
Jeng... Jeng... Jeng! "Tarantulanya ketemu!" Kata Pak Dayat. Gw langsung teleport dengan cepat pake jurusnya Goku. WOOOOW!!! Amazing, incredible, awesome, outstanding, numeru uno! Kakanda tarantula keluar dari sarangnya. Gw rada takut pertamanya, takut doi lompat. Tapi Pak Dayat bilang kalau mereka ga bakal lompat. Berikut adalah penampakan kakanda tula.



Kata Pak Dayat, ini tarantula masih muda. Bisa diketahui dari perutnya yang belum berwarna hitam. Mau muda mau tua, yang penting gw udah bisa liat ini hewan. 
Perjalanan Pulang
Setelah ketemu dengan kakanda tula, perjalanan pun berakhir. Di jalan balik ke penginapan, ternyata masih ada aja yang buat gw bilang WOW! Karena edisi berkunjung ke Taman Nasional kali ini bertemakan "temukan hewan kesayangan anda" Belum abis sama otan dikasih tarantula lalu dilanjutkan dengan ngeliat Chameleon dan terakhir adalah kupu-kupu tanduk yang menutup perjalanan malam ini begitu sedap dan manis.

Chameleon
Kupu-kupu Tanduk
"Ketika matahari ada, primadona itu adalah sosok primata. Saat matahari terbenam, lebih dari satu menunujukkan potensi masing-masing untuk menjadi primadona untuk mewakili malam. Baik terbit maupun terbenamnya matahari, INDONESIA selalu menjadi primadona"

"2 kali trekking, sore dan malam. Apa yang gw dapat? Pengalaman plus wawasan gw tentang mahluk selain gw di bumi pertiwi. Semakin gw banyak tau berarti semakin gw merasa bodoh karena banyak yang belum gw tau. Semakin gw tau isi dari INDONESIA, semakin gw cinta sama INDONESIA"


Safari Pagi
Belum puas dengan sore dan malam kemaren, gw memutuskan buat melakukan pencarian kembali otan di pagi hari. Kali ini gw bakal pergi sama Pak Dayat, ranger yang lebih muda dari Pak Udin.

Bismillah, saatnya berangkat! Belum ada 100meter, gw ketemu sama hewan yang bakal bisa buat malu orang terkuat sedunia. His name is telanak pinang! Kalo ini hewan udah nutup seperti kaya yang ada di foto, maka akan sulit terbuka kembali.

Woodywood pecker nest
Selamat Menikah
Biduan itu kembali lagi, kali ini penuh dekat pada diri anda. Enjoy...

Tak sekedar bertemu, gw pun ikutan minum air dari akar yang biasa dilakuin sama otan. Ini air bener-bener seger, berani sumpah ane! Mari ditutup dengan Alhamdulillah...



Goodbye TNK

Setelah trekking pagi, gw mandi dan siap-siap untuk kembali ke Samarinda. Makan siang sudah disediakan oleh para rangers yaitu kacang panjang plus ayam goreng dan diselingin obrolan-obrolan ringan dengan para rangers. Terima kasih untuk semuanya. Gw siap untuk Taman Nasional selanjutnya!


"Ga ada cerita kalau gw ga nyari, ga ada makna kalo gw diam doang, ga ada jejak kalo gw ga bisa ikat tali sepatu gw sendiri. Semuanya tersaji layaknya makanan cepat saji, sisa kita aja yang melihara kualitasnya"


Aldair, Agustus 2013

0 komentar:

Post a Comment